Anda tentu memiliki rencana dalam hidup anda. Dalam berbisnis online pun anda harus membuat rencana bisnis nya terlebih dahulu. Karena faktanya 90% orang gagal dalam membangun bisnis online karena tidak menguasai ilmunya dan tidak memiliki rencana bisnis. Jadi membuat rencana bisnis itu ibarat gambaran bagaimana bisnis anda akan berjalan nanti. Berikut saya berikan langkah-langkah dalam membuat rencana bisnis.
1. Membuat content
Baik itu berupa tulisan (artikel, forum, news, post, dll) atau offering (penawaran suatu produk/jasa, baik itu produk sendiri atau produk orang lain).
2. Menampilkan content atau offering di website
(Bisa website anda sendiri, bisa website milik orang lian ) dengan cara tertentu sehingga sasaran yang diinginkan tercapai. Sasaran bisa jadi adalah membuat visitor klik iklan anda atau membeli produk yang anda tawarkan.
3. Mendatangkan visitor/pengunjung ke website anda dengan berbagai strategi traffic generation.
Setelah anda memilih niche / topik untuk website yang akan dibangun langkah berikutnya adalah merencanakan pengelolaan bisnis online anda. Contoh-contoh rencana bisnis online tersebut yaitu :
1. Business summary
Membuat blog review yang menampilkan produk-produk best seller di Amazon dengan menggunakan layanan gratis Blogspot untuk mendapat dollar dari Google Adsense dan Amazon.
2. Competition Analysis
Pada saat ini website produk review yang ada lebih banyak berisi text dan gambar yang kecil dan tidak terlalu banyak.
3. USP (unique selling proposition)
Website akan menampilkan lebih banyak gambar yang besar dari setiap produk yang direview.
4. Website Development Plan
Website dibangun dengan Blogspot yang merupakan layanan online gratis. Tidak perlu membeli hosting dan domain lagi.
5. Content Development Plan
Setiap hari minggu dibuat 10 produk review yang diambil dari katalog Amazon dalam rangka memasarkan produk Amazon. Produk tersebut dijadwalkan untuk tampil setiap hari dari hari Senin sampai hari Minggu.
6. Traffic Generation Plan
Traffic diusahakan dari search engine Google dengan cara:
A. Memilih 50 keyword terbaik yang terkait dengan topik produk.
B. Menempatkan keyword pada setiap judul iklan dari produk yang akan direview.
C. Membuat jumlah halaman setiap bulannya antara 40 s/d 50 buah.
D. Melakukan onpage dan offpage optimization.
Rumus sukses berbisnis online adalah CTPM. Bisa juga di plesetkan (Cari Teman Pakai Money) agar bisa diingat saja. CTPM itu adalah :
C – Content
Membuat content / halaman / layanan online.
Membuat content / halaman / layanan online.
T – Traffic
Mendatangkan pengunjung dengan berbagai cara e-marketing (seo, forum, social network, email).
Mendatangkan pengunjung dengan berbagai cara e-marketing (seo, forum, social network, email).
P – Presale
Dengan cara rekomendasi, membuat perbandingan, membuat review, katalog khusus dari suatu produk.
Dengan cara rekomendasi, membuat perbandingan, membuat review, katalog khusus dari suatu produk.
M – Monetize
Merencanakan model income (pay per click, pay per sale, pay per lead) dan usaha untuk memaksimalkannya.
Merencanakan model income (pay per click, pay per sale, pay per lead) dan usaha untuk memaksimalkannya.