Anda tentu mempunyai teknik untuk memasarkan produk anda agar diminati oleh pembeli? Berikut ini adalah teknik pemasaran lewat internet yang saya kutip dari pembahasan dosen saya.
Pertama-tama anda harus memahami terlebih dahulu apa itu analisa pasar. Analisa pasar bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar atas produk atau jasa yang Anda jual. Bisnis Anda tidak akan berhasil maksimal jika pangsa pasarnya terbatas. Indikator besar/kecilnya pangsa pasar ini bisa Anda cari tahu di Google Keyword Tool. Contohnya adalah jika anda ingin menjual produk “busana muslim’. Analisa nya adalah sebagai berikut :
ü Semakin besar “search volume” atas kata/phrase yang terkait dengan “busana muslim”.
ü Semakin besar pangsa pasar yang ada, dan sebaliknya. Kata/phrase inilah yang dinamakan “keywords”.
ü “No matter what business you are in, you must know what words people use when they search for your products online.”.
ü Anda harus tahu “keywords” apa yang orang ketik di “search box” search engines saat mencari produk seperti yang Anda jual. Keywords tersebut sebaiknya Anda catat karena Anda akan memerlukannya nanti pada saat Anda meng-optimasi website dan mengemas produk Anda.
Setelah mengetahui pangsa pasar yang ada, selanjutnya Anda mesti “belajar” dari competitor Anda. Kunjungi minimal 10 besar situs yang tampil di halaman pertama hasil pencarian Google yang menjual produk serupa. Perhatikan beberapa hal penting berikut:
Ø Design website (user-friendly website recommended)
Ø Photos + wording/text
Ø Corporate identity (credibility + trust)
Ø Product presentation (categorized)
Ø Pricing (packages, discount/promo etc.)
Ø Booking terms, payment method, delivery options
Ø Website branding
Ø SEO aspects
Ø Uniqueness is most important – so do NOT copy!
Sekarang perhatikan website Anda, pastikan juga Anda tidak melakukan 9 besar kesalahan dalam mendesain website seperti berikut:
§ Tidak mencantumkan informasi “Contact”
§ Banyak “broken links”
§ Informasi yang tidak up-to-date
§ Terlalu banyak bentuk huruf dan warna yg berbeda – beda
§ Tidak mencantumkan “HOME” di halaman dalam
§ Button “Back” disabled
§ Membuka window baru (target_blank) setiap membuka halaman baru
§ Loading yang lambat
§ Mengaplikasikan teknologi canggih yang belum popular
Langkah selanjutnya adalah memenangkan persaingan. “What makes you different to your competitors?” Pertanyaan tersebut harus bisa saya jawab setiap mengemas produk atau jasa, kalau saya tidak tahu jawabanya – saya tidak akan menjualnya.
i. Unique Product
Kalau Anda mengemas produk Anda persis sama dengan apa yang dilakukan oleh sebagian besar kompetitor Anda, maka Anda akan sulit bisa melakukan penetrasi/menembus pasar. Jika produk sudah sama persis, apa alasan Customer untuk berpaling ke Anda? Ya, Anda pasti sudah tahu jawabannya, “turunkan harga!” langkah yang paling populer dan jalan pintas untuk sekedar bisa bertahan.
o Praktek bisnis “tidak sehat” dengan selalu “mengorbankan” harga akan merusak iklim usaha dan kompetisi.
o Jika harga terus yang dipangkas, maka Anda harus menekan ongkos produksi.
o sedikit demi sedikit mengurangi kualitas produk mengecewakan customer sulit.
o mendapatkan repeated order customer berkurang mengurangi karyawan bisnis dengan segala keterbatasan dan menunggu satu alasan yang tepat untuk segera “gulung tikar”. “…. so, be unique”
o Karena kalau Anda mengemas produk Anda berbeda, maka harga sudah seharusnya berbeda. Lebih bagus lagi kalau produk Anda exclusive (belum ditiru orang lain) – maka ini akan menjadi alasan utama customer mencari Anda.
ii. Quality Service
¯ “No business without repeated customers”
¯ Jika Anda sudah tahu “zona standard” layanan yang di sediakan oleh kompetitor Anda, Anda tinggal menambahkan beberapa “plus” pada layanan standard tersebut untuk masuk ke “zona plus”.
¯ “Plus” tentu bisa berbagai hal yang bisa membuat customer lebih terkesan, tergantung dengan jenis produk / jasa yang Anda jual. Pikirkan added value services yang tidak harus mahal, namun lebih personal dan attentive.
¯ Jadi, “uniqeness” produk dan layanan adalah kunci utama menembus pasar dan memenangkan persaingan.
Langkah keempat adalah anda harus melakukan strategi pemasaran melalui internet. Lebih dari 80% pemakai internet mengandalkan search engine sebagai alat pencari informasi (berdasarkan research dari Georgia Tech's GVU Center). Jumlah ini akan terus bertambah mengingat search engine merupakan cara yang termudah dan tercepat dalam mencari informasi.
Penyebab anda bisa gagal dalam berbisnis online adalah :
1. Lupa kalau pemasaran itu kunci sukses berbisnis
Sebaik apapun produk anda, kalau anda tidak bisa memasarkannya menjadi percuma. Secanggih apapun produk anda, kalau anda tidak berpromosi sulit untuk bisa laku. Memasarkan itu meliputi banyak hal. Tapi intinya satu, beriklan! Lagi-lagi saya bilang, tak kenal maka tak sayang. Nah, bagaimana caranya kita bisa membuat orang sayang pada produk kita kalau mereka tidak kenal kita? Lakukan promosi secara fokus dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda.
Sebaik apapun produk anda, kalau anda tidak bisa memasarkannya menjadi percuma. Secanggih apapun produk anda, kalau anda tidak berpromosi sulit untuk bisa laku. Memasarkan itu meliputi banyak hal. Tapi intinya satu, beriklan! Lagi-lagi saya bilang, tak kenal maka tak sayang. Nah, bagaimana caranya kita bisa membuat orang sayang pada produk kita kalau mereka tidak kenal kita? Lakukan promosi secara fokus dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda.
2. Meruntuhkan reputasi lewat spam
Kalau saya anjurkan berpromosi dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda, bukan berarti segala cara menjadi halal. Salah satu hal yang paling merusak reputasi bisnis anda adalah spam. Jangan coba-coba melakukan spamming. Sama saja anda mengirimi surat kaleng pada pengunjung anda. Anda mesti tahu, tidak semua orang suka dikirimi brosur dan newsletter. Bahkan banyak yang merasa terganggu. Kalau memang pengunjung tidak meminta anda mengirimi news letter atau brosur, jangan sekalipun memaksa mengirim. Mereka akan memblack list anda selamanya. Percayalah. . .
Kalau saya anjurkan berpromosi dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda, bukan berarti segala cara menjadi halal. Salah satu hal yang paling merusak reputasi bisnis anda adalah spam. Jangan coba-coba melakukan spamming. Sama saja anda mengirimi surat kaleng pada pengunjung anda. Anda mesti tahu, tidak semua orang suka dikirimi brosur dan newsletter. Bahkan banyak yang merasa terganggu. Kalau memang pengunjung tidak meminta anda mengirimi news letter atau brosur, jangan sekalipun memaksa mengirim. Mereka akan memblack list anda selamanya. Percayalah. . .
3. Membuang waktu dengan melakukan hal yang tidak produktif
Waktu adalah aset, waktu adalah investasi. Dibandingkan dengan hal apapun di dunia ini, waktulah yang paling mahal. Karena ia tidak bisa diputar ulang ataupun diberhentikan. Sebagai pebisnis internet, anda harus tahu kapan anda melakukan pekerjaan A, B, dan C. Jangan anda membuang waktu untuk hal-hal yang tidak mengarah pada kesuksesan anda. Karena anda sendiri yang rugi nantinya. Buat prioritas mana yang mendesak, mana yang penting dan tidak penting. Misal, pertimbangkan aktivitas apa saja yang harus anda dahulukan? Memasang iklan atau join forum? Menjawab komentar atau mencari relasi online? Begitupun dalam menyaring arus informasi dari internnet.
Waktu adalah aset, waktu adalah investasi. Dibandingkan dengan hal apapun di dunia ini, waktulah yang paling mahal. Karena ia tidak bisa diputar ulang ataupun diberhentikan. Sebagai pebisnis internet, anda harus tahu kapan anda melakukan pekerjaan A, B, dan C. Jangan anda membuang waktu untuk hal-hal yang tidak mengarah pada kesuksesan anda. Karena anda sendiri yang rugi nantinya. Buat prioritas mana yang mendesak, mana yang penting dan tidak penting. Misal, pertimbangkan aktivitas apa saja yang harus anda dahulukan? Memasang iklan atau join forum? Menjawab komentar atau mencari relasi online? Begitupun dalam menyaring arus informasi dari internnet.
4. Tidak mengatur komunikasi via email secara efektif
Email bisa membuat bisnis anda maju. Tapi juga sebaliknya, menghancurkan bisnis anda. Untuk mengambil manfaat dari email, kita harus tahu cara menggunakannya. Bagaimana caranya? Gunakan bahasa yang baik, halus, sopan, serta tepat sasaran.
Email bisa membuat bisnis anda maju. Tapi juga sebaliknya, menghancurkan bisnis anda. Untuk mengambil manfaat dari email, kita harus tahu cara menggunakannya. Bagaimana caranya? Gunakan bahasa yang baik, halus, sopan, serta tepat sasaran.
5. Tidak membuat wadah komunikasi dengan konsumen
Berkomunikasi secara intensif dengan semua pelanggan anda penting untuk kemajuan bisnis internet anda. Bentuknya bisa berupa forum, milis, atau lainnya. Dengannya anda bisa terus berhubungan dengan para konsumen setia maupun calon konsumen. Kunci penting keberhasilan sarana tersebut terletak ketika anda bisa merayu pengunjung anda untuk masuk ke opt in list. Begitu mereka bergabung menjadi anggota dalam wadah komunikasi tersebut, anda bisa mengirimi mereka newsletter ataupun brosur produk terbaru.
Berkomunikasi secara intensif dengan semua pelanggan anda penting untuk kemajuan bisnis internet anda. Bentuknya bisa berupa forum, milis, atau lainnya. Dengannya anda bisa terus berhubungan dengan para konsumen setia maupun calon konsumen. Kunci penting keberhasilan sarana tersebut terletak ketika anda bisa merayu pengunjung anda untuk masuk ke opt in list. Begitu mereka bergabung menjadi anggota dalam wadah komunikasi tersebut, anda bisa mengirimi mereka newsletter ataupun brosur produk terbaru.
6. Tidak meminta masukan dari pelanggan
Seringkali kita merasa tidak perlu mendengarkan pelanggan. Yang terpenting mereka mau membeli produk kita. Pemikiran ini keliru. Sebaik apapun produk yang anda punya, anda tetap membutuhkan pembeli. Dan, tidak ada salahnya mendengarkan apa kata pembeli. Justru apa yang mereka sarankan bisa membuat bisnis kita lebih baik lagi. Maka jangan sungkan untuk meminta masukan dari pelanggan anda.
Seringkali kita merasa tidak perlu mendengarkan pelanggan. Yang terpenting mereka mau membeli produk kita. Pemikiran ini keliru. Sebaik apapun produk yang anda punya, anda tetap membutuhkan pembeli. Dan, tidak ada salahnya mendengarkan apa kata pembeli. Justru apa yang mereka sarankan bisa membuat bisnis kita lebih baik lagi. Maka jangan sungkan untuk meminta masukan dari pelanggan anda.
7. Enggan mengeluarkan modal untuk berbisnis online
Meski di internet tersedia banyak barang atau fasilitas gratis, berbisnis internet tetap membutuhkan modal. Sekurang-kurangnya modal yang dibutuhkan adalah komitmen untuk menjalankannya secara konsisten. Modal lainnya yang lebih nyata seperti akses internet, hosting, dan domain.
Meski di internet tersedia banyak barang atau fasilitas gratis, berbisnis internet tetap membutuhkan modal. Sekurang-kurangnya modal yang dibutuhkan adalah komitmen untuk menjalankannya secara konsisten. Modal lainnya yang lebih nyata seperti akses internet, hosting, dan domain.
8. Terlalu banyak gambar, java, music, dll
jangan menggunakan grafis yang terlalu heboh untuk situs web anda. Sebisa mungkin buatlah situs web yang sederhana dan elegan. Niat anda berjualan. Bukan untuk pamer kecanggihan. Kecuali jika yang anda jual memang lagu atau desain grafis. Jika tidak, sebaiknya hindari memasangnya dalam situs web anda. Sebab, bisa membuat akses ke situs web anda lambat.
jangan menggunakan grafis yang terlalu heboh untuk situs web anda. Sebisa mungkin buatlah situs web yang sederhana dan elegan. Niat anda berjualan. Bukan untuk pamer kecanggihan. Kecuali jika yang anda jual memang lagu atau desain grafis. Jika tidak, sebaiknya hindari memasangnya dalam situs web anda. Sebab, bisa membuat akses ke situs web anda lambat.
9. Ingin kaya dalam semalam dengan internet
Mendapat uang dari internet itu mudah. Tapi, tidak bisa anda meraihnya dalam semalam. Anda perlu kerja keras, disiplin, dan fokus. Banyak orang di internet menggemborkan mental cepat kaya. Tapi, jangan terjebak. Kita bisa cepat kaya kalau kita cepat bekerja, cepat bertindak, dan cepat berpikir. Tidak lamban dan malas-malasan. Tidak ada sukses yang bisa diraih dalam semalam. Meski kita sekarang hidup di jaman yang serba instan, tetap tidak ada kaya dengan cara instan.
Mendapat uang dari internet itu mudah. Tapi, tidak bisa anda meraihnya dalam semalam. Anda perlu kerja keras, disiplin, dan fokus. Banyak orang di internet menggemborkan mental cepat kaya. Tapi, jangan terjebak. Kita bisa cepat kaya kalau kita cepat bekerja, cepat bertindak, dan cepat berpikir. Tidak lamban dan malas-malasan. Tidak ada sukses yang bisa diraih dalam semalam. Meski kita sekarang hidup di jaman yang serba instan, tetap tidak ada kaya dengan cara instan.
10. Tidak tahu dimana letak kekuatan internet
Internet diciptakan untuk tujuan komunikasi. Dan kekuatan internet untuk berkomunikasi ini bisa menjangkau jutaan bahkan miliaran orang di dunia. Tidak hanya melingkupi satu negara tapi seluruh dunia. Untuk kemajuan bisnis anda, gunakan internet untuk mengumpulkan informasi tentang calon prospek anda, riset kompetisi, dan menjaring sebanyak mungkin relasi. Internet seperti tambang emas. Asal anda tahu dimana anda harus menggali, anda akan kaya!
Internet diciptakan untuk tujuan komunikasi. Dan kekuatan internet untuk berkomunikasi ini bisa menjangkau jutaan bahkan miliaran orang di dunia. Tidak hanya melingkupi satu negara tapi seluruh dunia. Untuk kemajuan bisnis anda, gunakan internet untuk mengumpulkan informasi tentang calon prospek anda, riset kompetisi, dan menjaring sebanyak mungkin relasi. Internet seperti tambang emas. Asal anda tahu dimana anda harus menggali, anda akan kaya!
Berkomunikasilah dengan baik kepada semua orang! Jangan lupa, bisnis internet itu ya bisnis yang melibatkan orang. Dan internet adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan orang-orang tersebut. Jangan malu-malu dan bersembunyi di balik situs web anda. Munculkan diri anda dan katakan pada dunia bahwa anda memiliki sesuatu yang harus mereka lihat!
Jadi, begitulah caranya. Pintar-pintarlah dalam mengelola bisnis online anda. Jelajahilah dunia intenet yang tanpa batas.